Lompat ke isi utama

Berita

Ini Profil 3 Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Cimahi yang akan Bertarung di Pilkada 2024

Tiga Bapaslon Cimahi 2024

Tiga Bakal Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota Cimahi Tahun 2024 yang telah mendaftar ke KPU Kota Cimahi. Tiga Bakal Pasangan Calon tersebut yakni Dikdik-Bagja, Bilal-Mulyana, dan Ngatiyana-Adhitia.

Cimahi, Jawa Barat - Kontestasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cimahi tahun 2024 akan diramaikan dengan munculnya 3 bakal pasangan calon yang telah mendaftar dan menyerahkan dokumen persyaratan dan syarat calon ke KPU Kota Cimahi.

Tiga bakal pasangan calon yang siap bertarung dalam Pilkada tahun 2024 di Kota Cimahi yakni Dikdik Suratno Nugrahawan-Bagja Setiawan, Ngatiyana-Adhitia Yudhistira, dan Bilal Insan Muhammad Priatna-A. Mulyana.

Bakal pasangan calon Dikdik-Bagja menjadi pendaftar pertama di KPU Kota Cimahi. Dikdik-Bagja didampingi partai politik pengusung dan simpatisannya menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Cimahi pada hari kedua pendaftaran tanggal 28 Agustus 2024.

Dikdik-Bagja diusung oleh empat partai politik yakni Partai Demokrat, Partai NasDem, PKS, dan Partai Golkar.

Bakal pasangan calon Ngatiyana-Adhitia menjadi pendaftar kedua di KPU Kota Cimahi. Ngatiyana-Adhitia mendaftar pada hari terakhir pendaftaran tanggal 29 Agustus 2024 sekitar pukul 10.30 WIB.

Bakal pasangan calon ini diusung gabungan atau koalisi partai politik yakni Partai Gerindra, PAN, PPP, Partai Perindo, PSI, dan PKN.

Bakal pasangan calon Bilal-Mulyana menjadi pendaftar terakhir di KPU Kota Cimahi. Bilal-Mulyana menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Kota Cimahi pada sekitar pukul 16.00 WIB di hari terakhir pendaftaran tanggal 29 Agustus 2024.

Bilal-Mulyana diusung koalisi PDI Perjuangan, Partai Hanura, Partai Buruh, Partai Garuda, PBB, Partai Gelora, dan Partai Ummat.

Profil Singkat Bakal Pasangan Calon

Profil Dikdik S. Nugrahawan

Dikdik Suratno Nugrahawan yang maju sebagai bakal calon Walikota Cimahi selama ini dikenal sebagai Sekda Kota Cimahi. Pria kelahiran 20 Mei 1972 ini juga pernah menjabat sebagai Penjabat Walikota Cimahi sejak 22 Oktober 2022 sampai dengan 22 Oktober 2023.

Dikdik yang menamatkan pendidikan magisternya di STIE Pasundan memiliki riwayat pekerjaan yang cukup panjang sebagai PNS. Ia pernah menjabat sebagai Kabid Sosial Budaya, Hukum dan Politik Bappeda Kota Cimahi (2010-2012), Kabag Administrasi Pembangunan Setda Kota Cimahi (2012-2016), Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Cimahi (2016-2018), dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cimahi (2018-2019).

Bapaslon Dikdik-Bagja
Bakal Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota Cimahi Tahun 2024 Dikdik-Bagja

Profil Bagja Setiawan

Bagja Setiwan adalah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Bagja yang merupakan Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) ditunjuk oleh partainya untuk mendampingi Dikdik S. Nugrahawan.

Ia pernah menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKS Cangkuang pada 2003. Pada 2005, dia dipindahtugaskan sebagai ketua DPC PKS Gununghalu dan di DPD PKS ia menjabat sebagai Kepala Bidang BP2 Desa.

Bagja Setiawan lahir di Bandung pada 16 Oktober 1977. Ia mengenyam pendidikan dasar hingga SMA di Cimahi dan menyelesaikan pendidikan S-2 di Universitas Winaya Mukti pada 2022.

Baca juga: https://cimahikota.bawaslu.go.id/berita/pasangan-calon-walikota-wakil-walikota-cimahi-dikdik-bagja-daftar-ke-kpu-kota-cimahi-bawaslu

Profil Ngatiyana

Ngatiyana adalah pensiunan TNI berpangkat Letkol Inf. (Purn). Ia pernah menjabat sebagai Walikota Cimahi ke-4 yang menjabat sejak 16 Agustus 2022 hingga 22 Oktober 2022. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Walikota Cimahi pada 22 Oktober 2017 hingga 27 November 2020 dan Plt. Walikota Cimahi sejak 28 November 2020.

Pria kelahiran 5 Juli 1961 ini pertama kali meniti karir di militer di Paur Binus Urdalus Poskopad A Kodiklat, Danton Kiwal Denma Kodilklat TNI AD, Ajudan Dankodilklat TNI AD, Sekpri Dubes RI di Singapura, Sekpri Menperindag RI, Paur Dalant Denang Kodiklat TNI AD, Kasi Dokexp Bagtu Setpussenif, Kasipers Bagpers Set Pussenif, Kabagpers Set Pussenif, dan Gumil Gol V Deppengmlum Pusdik Pussenif.

Bapaslon Ngatiyana-Adhitia
Bakal Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota Cimahi Tahun 2024 Ngatiyana-Adhitia

Profil Adhitia Yuhistira

Adihitia Yudhistira selain dikenal sebagai Sespri Walikota Bandung Dada Rosada dari tahun 2011 hingga 2013, juga dikenal sebagai pengusaha dan akademisi. Sebagai pengusaha muda, ia menjadi direktur utama beberapa perusahaan seperti PT Gerak Tanaga Pasundan, PT Citra Bangun Selaras, dan Bagja Sadaya Group. Sebagai akademisi, Adhitia pernah menjadi asisten dones FE Utama pada 2011 dan dosen Unsika pada 2015.

Pria kelahiran Bandung, 25 November 1990 ini menamatkan pendidikan tingginya di Universitas Widyatama Bandung. Ia juga dikenal sebagai aktivis. Ia pernah menjadi wakil ketua KNPI (2018), Wabendum Angkatan Muda Siliwangi (2017), Dewan Pembina Laskar Merah Putih (2023) dan Dewan Pembina GADA AMS Kota Bandung (2023).

Baca juga: https://cimahikota.bawaslu.go.id/berita/bawaslu-kota-cimahi-awasi-langsung-pendaftaran-bakal-calon-walikota-dan-wakil-walikota

Profil Bilal Insan Muhammad Priatna

Bilal Insan Muhammad Priatna selama ini dikenal sebagai Ketua Karang Taruna Kota Cimahi Periode 2019-2024. Ia telah mengundurkan diri sebagai Ketua Karang Taruna saat menjadi Caleg DPRD Kota Cimahi pada Pemilu 2024.

Bilal yang saat ini berusia 28 tahun menamatkan pendidikan tingginya di Universitas Pasundan, Bandung. Ia menjadi bakal calon Walikota termuda di Pilkada Kota Cimahi dan juga se-Jawa Barat.

Bapaslon Bilal-Mulyana
Bakal Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota Cimahi Tahun 2024 Bilal-Mulyana

Profil A. Mulyana

A. Mulyana lahir di Majalaya pada 7 April 1959. Ia menamatkan pendidikan tingginya di Sekolah Tinggi Hukum Bandung pada 1991 dan pasca sarjananya di Universitas Katolik Soegijaprana Semarang tahun 2015.

A. Mulyana memiliki kompetensi di bidang kesehatan karena pernah berdinas di Dinas Kesehatan Kota Bandung dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Ia juga pernah mendapuk sebagai wakil manager Persib, pengurus Perbakin, ketua Jujitsu Jawa Barat, Dewan Pembina PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia), dan Dewan Pembina IAKMI (Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia).

Baca juga: https://cimahikota.bawaslu.go.id/berita/koalisi-pdi-perjuangan-usung-bakal-pasangan-calon-walikota-dan-wakil-walikota-cimahi-tahun

Ia menapak di dunia politik dengan menjadi calon anggota DPD pada Pemilu 2019 dan menjadi caleg DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilu 2024 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar II yang meliputi wilayah pemilihan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.***

Penulis: Gunawan Kusmantoro

Foto: Gunawan Kusmantoro

Editor: Akhmad Yasin Nugraha

Tag
Bakal Pasangan Calon, Walikota, Wakil Walikota, Cimahi, Ngatiyana-Adhitia, Dikdik-Bagja, Bilal-Mulyana, Profil