Lompat ke isi utama

Berita

Lima Hari Jelang Kampanye, Bawaslu Jabar Gelar Apel Siaga di Halaman Gedung Sate Bandung

Apel siaga Jabar

Bawaslu Jabar gelar apel siaga jelang kampanye di halaman Gedung Sate, Bandung, Kamis (23/11/2023)

Bandung, Jawa Barat - Bawaslu Provinsi Jawa Barat menggelang apel siaga di halaman Gedung Sate Kota Bandung pada Kamis (23/11/2023). Apel siaga ini tepat lima hari menjelang pelaksanaan tahapan masa kampanye yang akan dimulai pada 28 November 2023.

Apel siaga tersebut diikuti seluruh pimpinan dan staf Bawaslu Jabar, komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, dan Panwaslu Kecamatan se-Bandung Raya.

Ketua Bawaslu Jabar Zacky Muhammad Zam Zam dalam sambutannya mengatakan apel siaga yang melibatkan jajaran komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota ini untuk menegaskan kesiapan jajarannya dalam mengawal pelaksanaan tahapan kampanye.

"Kita menghadirkan perwakilan dari seluruh tingkat untuk memastikan kesiapan mengawal proses kampanye nanti," katanya.

Menurut Zacky, tahapan kampanye merupakan tahapan yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemilu. Ada 18 Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu 2024 yang melaksanakan kampanye selama 75 hari hingga 10 Februari 2024.

"Sebagai Bawaslu, kami bertugas mengawasi seluruh tahapan Pilpres 2024 termasuk kampanye," terangnya.

Zacky juga menyatakan melalui apel siaga ini, Bawaslu Jabar ingin memastikan unsur-unsur pengawasan di tingkat kabupaten/kota dan kecamatan telah siap menjalankan fungsi pengawasan terhadap potensi pelanggaran selama kampanye berlangsung. Diharapkan proses kampanye dapat berjalan lancar dan demokratis.

Apel siaga dihadiri perwakilan stakeholder diantaranya Asda I Pemrov Jabar, unsur Polda Jabar, unsur Kodam III Siliwangi, unsur Kejaksaan Tinggi Jabar, Kesbangpol Jabar, Satpol PP Jabar, dan anggota DPRD Provinsi dan perwakilan Parpol Peserta Pemilu 2024.***

Penulis: Gunawan Kusmantoro

Foto: Bawaslu Kota Cimahi

Tag
Bawaslu, Jabar, apel siaga, pengawasan, kampanye, Gedung Sate