Lompat ke isi utama

Berita

Ketua Bawaslu Kota Cimahi Ajak Mahasiswa Ikut Awasi Pemilu 2024

Bawaslu Ngampus' di STKIP Pasundan

Bawaslu Kota Cimahi adakan kegiatan 'Bawaslu Ngampus' di STKIP Pasundan, Cimahi, Sabtu (21/10/2023).

Cimahi, Jawa Barat - Ketua Bawaslu Kota Cimahi Fathir Rizkia Latif mengajak mahasiswa untuk tidak antipolitik. Fathir berharap mahasiswa untuk ikut aktif mengawasi setiap tahapan Pemilu 2024.

Menurut Fathir, pengawasan partisipatif yang melibatkan mahasiswa sangat penting dalam mendorong pelaksanaan Pemilu 2024 yang jujur, adil, dan demokratis.

Untuk itu, mahasiswa diharapkan tidak ragu-ragu melaporkan apabila menemukan ada unsur pelanggaran dalam setiap tahapan Pemilu 2024.

Selain ikut mengawasi Pemilu 2024, mahasiswa yang sudah memenuhi persyaratan juga dapat terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu, misalnya dengan menjadi Panitia Pengawas tingkat Kelurahan/ Desa.

Hal tersebut disampaikan Fathir dalam kegiatan Bawaslu Goes to Campus di STKIP Pasundan, Cimahi, Jawa Barat, Sabtu (21/10/1023). Kegiatan ini diikuti secara antusias oleh puluhan mahasiswa yang rata-rata merupakan aktivis kampus.

Sementara itu, Dr. Ahmad Olih Solihin, MPd. mewakili pihak rektorat menyambut baik kegiatan yang diadakan Bawaslu Kota Cihami. Olih mengatakan pihak kampus siap bersama Bawaslu Kota Cimahi mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Kami sangat berterima kasih kepada Bawaslu Kota Cimahi yang sudah bersedia berdikusi tentang pengawasan pemilu dengan mahasiswa kami. Dengan tangan terbuka kami siap bekerja sama dengan Bawaslu Kota Cimahi untuk sama-sama mengawasi jalannya Pemilu 2024," kata Olih Solihin.

Menurut Olih, mahasiswa sebagai agen of change berperan penting dalam dinamika politik termasuk dalam Pemilu 2024. Untuk itu, ia berharap mahasiswa harus meningkatkan kepeduliannya terhadap setiap perkembangan politik yang terjadi.

Selain Ketua Bawaslu Kota Cimahi, Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (P2HM) Akhmad Yasin Nugraha dan Kordiv Penindakan Pelanggaran Zaenal Ginan juga memberikan materi kepada mahasiswa.***

Penulis: Gunawan Kusmantoro
Foto: Bawaslu Kota Cimahi

Tag
Fathir Rizkia Latif, mahasiswa, pengawasan partisipatif, STKIP Pasundan, Goes to Campus