Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu RI Dorong Gen Y dan Gen Z Aktif Awasi Pelaksanaan Pemilu 2024

Lolly Suhenty, Komisioner Bawaslu RI

Lolly Suhenty, Komisioner Bawaslu RI

Jakarta - Pemilih yang berasal dari kelompok pemuda yang diwakili Gen Y dan Gen Z menempati proporsi yang besar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024.

Komisioner Bawaslu Ri Lolly Suhenty mengatakan berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU) kelompok tersebut menjadi kelompok dominan dalam Pemilu 2024. Jumlah pemilih yang berasal dari kelompok ini mencapai 52 persen dari total jumlah pemilih yang sudah mempunyai hak pilih dalam Pemilu.

“Kelompok muda harus berbangga hati di kontestasi Pemilu 2024 menjadi kelompok yang dominan, DPT yang dirilis KPU 2 Juli kemarin 52 persen menjadi kekuatan kelompok pemuda,” kata Lolly dalam Forum Pemuda Nasional ke-2 di Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023.

Lolly menyebutkan dengan proporsi yang besar itu, Gen Y dan Gen Z menjadi kekuatan yang dapat digerakkan untuk terlibat dalam pengawasan partisipatif.

Selain karena jumlahnya yang besar, kekuatan lainnya menurut Lolly adalah karakter yang dimiliki kelompok ini yakni karakter yang kreatif, open minded (terbuka), percaya diri, mudah berbaur dan bersosialisasi serta out of the box.

Karakter tersebut diyakini Lolly akan mampu memberikan warna yang berbeda dalam pengawasan Pemilu 2024.

“Secara karakter, Generasi Y dan Z dengan karakternya yang kreatif, digital native, open minded, percaya diri, lebih mudah berbaur dan bersosialisasi, serta berpikir out of the box mampu memberikan warna alternatif dan segar dalam pengawasan di Pemilu 2024,” jelas Lolly.

Kekuatan yang lain selain jumlah dan karakter yaitu kekuatan prinsip. Menurutnya, pemuda memiliki spirit dan idealis yang menjadi stok sebagai pemimpin masa depan.

“Pemuda punya spirit dan nilai idealis yang menjadi stok pemimpin masa depan. Maka, pengawasan partisipatif Pemilu 2024 adalah laboratorium untuk menempa diri menjadi pemimpin di masa mendatang,” ungkap Lolly.

Akhir paparanya Lolly berharap forum pemuda dapat menjadi wahana konsolidasi kelompok muda dengan pengawasan partisipatif Pemilu.

“Saya berharap kegiatan seperti ini bisa tumbuh subur menjadi wahana konsolidasi kelompok muda dalam percaturan politik Pemilu 2024, baik sebagai penyelenggara, pemantau, maupun komunitas masyarakat sipil lainnya,” kata Lolly.

Gen Z atau Generasi Z adalah mereka yang lahir antara tahun 1997-2012 atau berusia antara 12-27 tahun.

Sedangkan Gen Y atau Generasi Y adalah mereka yang lahir antara tahun 1981-1996 atau berusia antara 28-43 tahun. Generasi Y dikenal juga dengan Millennials atau Generasi Milenial.***

Penulis: Gunawan Kusmantoro
Foto: Bawaslu Kota Cimahi

Tag
Lolly Suhenty, pemuda, Gen Z, Gen Y, milenial, DPT, pengawasan partisipatif