Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Luncurkan Maskot Wasra dan Wasri, Rahmat Bagja: Jadilah Seperti Burung Hantu yang Mampu Menangkap Sinyal-sinyal dalam Kegelapan

Peluncuran maskot Wasra dan Wasri

Bawaslu RI luncurkan maskot Wasra dan wasri pada Rakornas dan Penganugerahan Kehumasan Bawaslu RI Tahun 2023 di Grand Paragon, Rabu malam (23/11/2023)

Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) secara resmi meluncurkan maskot baru Bawaslu bernama Wasra dan Wasri. Peluncuran maskot baru ini dilakukan di kegiatan Rakornas dan Penganugerahan Kehumasan Bawaslu RI Tahun 2023 di Grand Paragon, Rabu malam (23/11/2023).

Maskot Wasra dan Wasri ini merupakan hasil kreatif terbaik dari sayembara Maskot Bawaslu yang diadakan sejak 23 Oktober 2023. Sayembara yang diadakan Bawaslu mendapatkan repons yang sangat besar dari masyarakat.

Sayembara diikuti oleh 745 peserta dan melalui penilaian yang sangat ketat akhirnya terpilih tiga maskot terbaik. Juara 1 diraih oleh Syamsul Ma'arif, juara 2 diraih oleh Agus Chandra Perdana, dan juara 3 diraih oleh Giant Tahta Pahlawan.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menyampaikan maskot dalam bentuk burung hantu ini memiliki filosofi atau makna yang mendalam dalam pengawasan Pemilu.

Menurut Bagja, burung hantu dapat dapat mencari dan menangkap sinyal-sinyal dalam kegelapan sehingga pengawas diharapkan dapat cepat menangkap potensi pelanggaran yang ada.

"Burung hantu itu juga simbol pelajaran, simbol investigasi itu tugas teman-teman pengawas pemilu. Jadilah burung hantu yang menangkap sinyal-sinyal dalam kegelapan," katanya pada peluncuran Maskot Bawaslu di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Lolly Suhenty pun mengapresiasi maskot yang telah diluncurkan. Dia pun mengapresiasi para peserta sayembara yang sudah menuangkan ide kreatifitasnya untuk digunakan Bawaslu sebagai identitas.

"Ini hebat patut diapresiasi, diikuti banyak orang dari berbagai kalangan baik yang muda hingga yang sudah senior," ucapnya.

Filosofi Maskot Wasra dan Wasri terinspirasi dari burung hantu yang sering digunakan petani untuk mengawasi ladang dari tikus agar lanen dapat sukses dan lancar. Ini senada dengan semangat dari Bawaslu sebagai lembaga yang bertugas mengawasi jalannya tahapan demi Pemilu yang sukses dan lancar.

Selain itu, burung hantu sering diasosiasikan sebagai lambang kebijaksanaan. Hal ini sesuai dengan karakter Bawaslu sebagai pengawas pemilu harus bijaksana memutuskan langkah saat terdapat pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu.***

Penulis: Gunawan Kusmantoro

Foto: Bawaslu Kota Cimahi

Tag
Bawaslu, maskot, Wasra, Wasri, burung hantu, filosofi, pengawas