Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Cimahi Libatkan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik FISIP Unpad dalam Project Based Learning

Mahasiswa FISIP Unpad ikuti project based learning

Mahasiswa FISIP Unpad ikuti project based learning di Bawaslu Kota Cimahi.

Cimahi, Jawa Barat - Mahasiswa adalah salah satu elemen penting dalam kegiatan pengawasan partisipatif yang masif digerakkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di semua tingkatan.

Keterlibatan mahasiswa dalam agenda pengawasan partisipatif penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 diharapkan dapat mendorong pelaksanaan Pemilu yang jujur, adil, dan demokratis.

Dalam berbagai kesempatan, Bawaslu RI juga memberikan apresiasi dan terus mendorong peran aktif mahasiswa dalam pengawasan Pemilu 2024.

Bawaslu Kota Cimahi juga mengapresiasi mahasiswa Jurusan Ilmu Politik FISIP Universitas Padjadjaran (Unpad) yang akan mengadakan kegiatan Project Based Learning di Bawaslu Kota Cimahi. Sebanyak enam mahasiswa akan mengikuti kegiatan tersebut hingga pelaksanaan Pemilu 2024.

Project Based Learning adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dengan beraktivitas secara nyata dalam kehidupan di masyarakat.

Melalui kegiatan Project Based Learning ini, mahasiswa nantinya akan dilibatkan dalam kegiatan pemantauan dan pengawasan yang dilaksanakan Bawaslu Kota Cimahi misalnya dalam pengawasan distribusi logistik, pengawasan pelaksanaan kampanye, hingga pelaksanaan pengawasan pemungutan dan penghitungan suara.

Keenam mahasiswa diterima dan berdiskusi dengan Kordiv SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Kota Cimahi Ahmad Hidayat tentang berbagai hal mengenai tugas pokok Bawaslu dalam pengawasan, pencegahan, dan penanganan pelanggaran Pemilu.

Selain keenam mahasiswa tersebut, satu mahasiswa Universitas Nurtanio Bandung juga akan mengadakan penelitian di Bawaslu Kota Cimahi.***

Penulis: Gunawan Kusmantoro
Foto: Bawaslu Kota Cimahi

Tag
Bawaslu Kota Cimahi, mahasiswa, FISIP, Unpad, project based learning, pengawasan partisipatif