Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Cimahi Awasi Pelaksanaan Kirab Pemilu di Alun-alun Kota Cimahi

Kirab Pemilu di Alun-alun Kota Cimahi

Pelaksanaan kirab Pemilu di Alun-alun Kota Cimahi, Rabu (01/11/2023).

Cimahi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi melanjutkan Kirab Pemilu mulai hari ini, Rabu, 1 November 2023. Sebelumnya Kirab Pemilu dilaksanakan di Kota Bandung. Acara serah terima Kirab dilakukan di Alun-alun Kota Cimahi dari KPU Kota Bandung kepada KPU Kota Cimahi.

Serah terima Kirab ditandai dengan penyerahan bendera 18 partai politik peserta Pemilu dari KPU Kota Bandung kepada KPU Kota Cimahi. Kirab dilakukan dengan kovoi bendera partai politik melalui rute yang telah ditentukan dengan peserta seluruh partai politik bersama jajaran Kesbangpol Kota Cimahi.

Kegiatan ini dihadiri jajaran penyelenggara Pemilu yakni KPU Provinsi Jawa Barat, KPU Kota Cimahi, partai politik peserta Pemilu, perwakilan Ormas, dan stakeholder lainnya dari unsur kepolisian, kejaksaan, dan pemerintah Kota Cimahi.

Ketua Bawaslu Kota Cimahi Fathir Rizkia Latif bersama komisoner Bawaslu lainnya yakni Zaenal Ginan Kordiv Penindakan Pelanggaran dan Datin, Jusapuandy Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa, dan Ahmad Hidayat Kordiv SDMO dan Diklat, juga turut hadir dan mengawasi jalannya kegiatan Kirab Pemilu.

Ketua KPU Kota Cimahi Anzhar Ishal Afryand berharap agar Kirab Pemilu tidak hanya menjadi ajang arak-arakan bendera partai saja tetapi dapat mendorong tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu.

"Saya berharap Kirab Pemilu ini tidak sekedar menjadi kegiatan arak-arakan bendera parpol tetapi saya berharap justru Kirab dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam memilih," katanya.

Kegiatan Kirab Pemilu juga diwarnai dengan penandatangan deklarasi damai oleh partai politik peserta Pemilu dan stakeholder.

Melalui deklarasi damai, seluruh pihak terkait sepakat untuk mewujudkan Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa, melaksanakan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia (luber) dan jurdil (jujur dan adil), melaksanakan Pemilu yang berintegritas dan bertanggung jawab terhadap proses dan hasil, serta mewujudkan Pemilu untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sementara itu, Pj Walikota Cimahi Dicky Saromi dalam sambutannya berharap semua pihak ikut terlibat menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Saya yakin dengan kerjasama semua pihak, pelaksanaan Pemilu di Kota Cimahi akan berjalan lancar dan sukses," katanya.

Kirab Pemilu di Kota Cimahi akan dilakukan selama tujuh hari dengan kegiatan sosialisasi dan konvoi. Pada hari kedua, Kamis, 2 November 2023, konvoi akan dimulai dengan titik start kantor KPU Kota Cimahi ke Panti Wreda Karitas dilanjutkan dengan sosialisasi yang melibatkan unsur masyarakat dari segmen marjinal.

Kirab pada hari ketiga, Jumat, 3 November 2023, dilakukan dengan konvoi dan sosialisasi ke Lapangan Brigif Cimahi dan pada hari terakhir, Senin, 6 November 2023, Kirab dilakukan dengan sosialisasi yang mengundang perwakilan pemilih pemula dari SMA/SMK di Kota Cimahi.

Dari Kota Cimahi, pelaksanaan Kirab Pemilu diserahkan dan dilanjutkan oleh KPU Kabupaten Bandung Barat. Di Kabupaten Bandung Barat, Kirab Pemilu juga diadakan selama tujuh hari.***

Penulis: Gunawan Kusmantoro
Foto: Bawaslu Kota Cimahi

Tag
Bawaslu Kota Cimahi, KPU Kota Cimahi, Kirab Pemilu, pemilu damai, partai politik