Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu akan Rekrut 18.557 CASN, Herwyn JH Malonda: Harus Transparan dan Tidak Bongkar Pasang

ASN-2

Bawaslu akan rekrut CASN baik PNS maupun PPPK secara besar-besaran pada tahun 2024 untuk berbagai formasi (Dok.)

Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tahun 2024 akan melakukan rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) secara besar-besaran. Jumlah CASN yang akan direkrut sebanyak 18.557 orang.

Anggota Bawaslu Herwyn JH Malonda mengatakan CASN yang akan direkrut tersebut meliputi calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Herwyn berharap rekrutmen CASN Bawaslu secara besar-besaran dilakukan dengan transparan, tidak bongkar pasang dan sesuai dengan kebutuhan kelembagaan.

“Tahun ini kita sebagai salah salah satu dari sepuluh lembaga negara yang menerima CASN terbesar. Untuk itu, perlu ada sosialisasi agar transparan dan tidak bongkar pasang dalam pelaksanaannya nanti," katanya saat membuka acara Sosialisasi Formasi CASN Bawaslu Tahun 2024 dan Rakernis Penginputan Usulan Rincian Formasi CASN Bawaslu Tahun 2024 Pada SIASN yang berlangsung di Jakarta, Minggu malam (5/5/2024).

Ia yang juga mengampu Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Pendidikan Pelatihan Bawaslu minta agar rekrutmen CASN tahun 2024 dilakukan dengan baik sesuai dengan keahlian, kompetensi, dan kebutuhan lembaga.

Lebih lanjut Herwyn mengatakan nantinya akan ada pula pengaturan sumber daya manusia dari ASN untuk kebutuhan empat daerah otonom baru (DOB) di Papua.

“Bukan tidak mungkin akan diisi dari luar Papua yang mempunyai SDM banyak,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu Ichsan Fuady menyatakan rekrutmen CASN yang terbagi untuk calon PNS dan PPPK ini akan lebih terperinci.

“Nanti alokasi di tingkat provinsi sampai bagian, sedangkan untuk kabupaten/kota sampai sub-bagian. Maka, perlu memetakan jumlah PNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) atau honorer di tiap unit dan memetakan jumlah kebutuhan formasi yang ada. Ini dari sisi manajemen ASN sebagai bagian dari perencanaan kebutuhan dan saat ini dalam proses pengadaan,” katanya.

Formasi yang Dibutuhkan

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Bawaslu telah menerima izin prinsip formasi CASN tahun 2024 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta pada 18 April 2024.  

Beberapa formasi yang nantinya akan dibuka dalam CASN Bawaslu 2024 diantaranya:

1. Analis Sumber Daya Manusia/ Aparatur
2. Analis Pemilihan Pemilihan Umum
3. Pengawas Pemilihan Umum
4. Analis Materi Sidang
5. Analis Data dan Informasi 
6. Analis Hukum

 

Penulis: Gunawan Kusmantoro

Foto: Dok. Kemen PAN RB

Tag
Bawaslu, rekrutmen, CASN, 2024, transparan, kebutuhan, kompetensi