Lompat ke isi utama

Berita

Zaenal Ginan Ajak Pelajar SMAN 1 Cimahi yang Masuk Kategori Pemilih Pemula untuk Gunakan Hak Pilihnya dan Aktif Awasi Pemilu 2024

Sosialisasi pengawasan partisipatif di SMAN 1 Kota Cimahi, Jumat (17/11/2023)

Kordiv PP dan Datin Bawaslu Kota Cimahi Zaenal Ginan sosialisasi pengawasan partisipatif di SMAN 1 Kota Cimahi, Jumat (17/11/2023).

Cimahi, Jawa Barat - Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Kota Cimahi Zaenal Ginan mengajak para pelajar SMAN 1 Kota Cimahi yang sudah mempunyai hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya dan ikut aktif mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024.

Ajakan komisioner Bawaslu Kota Cimahi ini disampaikan kepada ratusan pelajar Kelas XI yang mengikuti kegiatan pembelajaran "Demokrasi" yang diselenggarakan SMAN 1 Kota Cimahi, Jumat pagi, 17 November 2023.

Dalam kegiatan ini juga terungkap ada puluhan pelajar yang sudah mempunyai hak pilih karena sudah berusia 17 tahun dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Saya berharap sahabat-sahabat Bawaslu pelajar SMAN 1 Kota Cimahi yang sudah mempunyai hak pilih jangan lupa untuk menggunakan hak pilihnya nanti,"katanya.

"Selain itu saya mengajak kepada sahabat-sahabat untuk ikut aktif mengawasi penyelanggaraan Pemilu 2024," lanjutnya.

Dalam kegiatan pembelajaran ini juga terungkap ada puluhan pelajar yang sebelum pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 akan berusia 17 tahun. Dengan demikian, mereka akan mempunyai hak pilih dalam Pemilu 2024 sebagai pemilih pemula.

Untuk itu, Zaenal Ginan menyarankan agar para pelajar yang masuk kategori pemilih pemula ini untuk segera mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) ke Disdukcapil Kota Cimahi agar hak pilihnya dapat digunakan.

"Saya sarankan sahabat-sahabat Bawaslu yang sebelum pemungutan suara 14 Februari 2024 akan berusia 17 tahun segera mengurus KTP agar hak pilihnya bisa digunakan," terangnya.

"Segera urus pembuatan KTP-nya ke Disdukcapil agar nanti bisa tercatat sebagai pemilih," lanjutnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Cimahi Wawan Rahman, S.Pd., M.Pd. berharap melalui kegiatan pembelajaran yang melibatkan penyelenggara Pemilu (Bawaslu Kota Cimahi) para pelajar mendapatkan pengetahun tentang demokrasi, kepemiluan, dan pengawasan Pemilu.

Kegiatan yang melibatkan penyelenggara Pemilu ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya diadakan SMAN 1 Kota Cimahi. Selain diikuti ratusan pelajar dari Kelas XI, kegiatan ini juga diikuti para pengajar/guru SMAN 1 Kota Cimahi.***

Penulis: Gunawan Kusmantoro

Foto: Bawaslu Kota Cimahi

Tag
Zaenal Ginan, SMAN 1 Cimahi, hak pilih, KTP, pemilih pemula