Lompat ke isi utama

Berita

KASAD Jenderal TNI Agus Subiyanto Tegaskan TNI akan Jaga Netralitas dan Kondusifitas Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Kota Cimahi Fathir Rizkia Latif

Ketua Bawaslu Kota Cimahi Fathir Rizkia Latif tanda tangani Deklarasi Damai di Kodim 0609 Cimahi, Selasa (6/11/2023)

Cimahi - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto menyatakan menjelang pelaksanaan pesta demokrasi yaitu Pemilihan Presiden, Legislatif dan Kepala Daerah 2024 secara serentak, tidak dapat dipungkiri adanya bayang-bayang sikap fanatis yang berlebihan untuk mendukung salah satu pasangan tertentu.

Kondisi tersebut secara langsung berpotensi memicu konflik antar golongan yang mengarah pada disintegrasi bangsa. Untuk itu, KASAD meminta kepada seluruh komponen masyarakat di Jawa Barat bersama-sama meminimalisir perpecahan dan menghindari kegiatan provokatif yang menghasut, ujaran kebencian, serta tidak menggunakan isu SARA dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

KASAD mengimbau kepada seluruh komponen masyarakat di Jawa Barat untuk mematuhi dan menaati regulasi yang berlaku sehingga dapat menyelesaikan permasalahan Pemilu 2024 sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Saya menghimbau kepada seluruh kalangan untuk ikut andil dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif dan sejuk, kami juga menghimbau agar terus bersinergi dengan TNI dan Polri dalam menjaga stabilitas keamanan pada saat Pemilu 2024 mendatang," katanya.

Hal tersebut ditegaskan KASAD pada Vicon (video conference) Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 Provinsi Jawa Barat, pada Selasa, 6 November 2023.

Jenderal TNI Agus Subiyanto juga memastikan TNI akan menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Marilah kita teruskan lagi yang sudah terjalin dengan baik ini untuk terus mendorong kondusifitas bangsa meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa Negara Republik Indonesia yang kita cintai dan kita banggakan," jelasnya.

Kegiatan Vicon di Kota Cimahi dipusatkan di Aula Bima Makodim 0609/Cimahi dihadiri Dandim Letkol Arm Boby, Pj. Walokota Cimahi (diwakili Sekda), Kapolres Cimahi, Kajari Kota Cimahi, pimpinan DPRD Kota Cimahi, Kesbangpol Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat, KPU Kota Cimahi, KPU Kabupaten Bandung Barat, dan perwakilan partai politik dari Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Bawaslu Kota Cimahi juga hadir dalam kegiatan Vicon yakni Ketua Fathir Rizkia Latif, Kordiv Penanganan Pelanggaran (PP) dan Datin Zaenal Ginan, dan Kordiv SDMO dan Diklat Ahmad Hidayat.

Dalam kegitan Vicon tersebut juga dilakukan penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu 2024.***

Penulis: Gunawan Kusmantoro

Foto: Bawaslu Kota Cimahi

Tag
KASAD, TNI, netralitas, kondusifitas, Pemilu, disintegrasi, Deklarasi Damai