Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Cimahi Tekankan Pentingnya Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Menjaga Netralitas pada Kontestasi Pilkada 2024 di Kota Cimahi

Ahmad Hidayat Kordiv SDMO

Ahmad Hidayat, Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Kota Cimahi

Cimahi, Jawa Barat - Koordinator Divisi (Kordiv) SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Kota Cimahi Ahmad Hidayat menekankan pentingnya Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjaga netralitas pada kontestasi Pilkada 2024 di Kota Cimahi.

Ahmad Hidayat mengatakan persoalan netralitas ASN di Kota Cimahi memiliki potensi kerawanan yang cukup tinggi mengingat wilayah Kota Cimahi yang sempit dan hanya memiliki 3 kecamatan dan 15 kelurahan.

"Kami menilai netralitas ASN potensinya agak tinggi makanya, kita ke Panwascam, ke PKD minta untuk terus bersilaturahmi dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan maupun kelurahan supaya bisa mencegah keberpihakan ASN terhadap salah satu calon di Pilkada 2024," ungkapnya.

Hal tersebut disampaikan Ahmad Hidayat pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Kesiapan Bawaslu dalam Mengawal Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Kota Cimahi di Sukajadi Hotel and Gallery, Bandung, Rabu (18/09/2024).

Ahmad Hidayat mengatakan kegiatan Rakor ini merupakan bagian dari upaya Bawaslu Kota Cimahi menjaga netralitas ASN pada Pilkada 2024.

Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dalam menghadapi Pilkada 2024 sekaligus menyampaikan kesiapan Bawaslu dalam mengawasi setiap tahapan Pilkada 2024 di Kota Cimahi.

"Ya kita ingin menyamakan persepsi dan dalam kesempatan ini juga sebagai bentuk kesiapan Bawaslu serta seluruh stakeholder dalam menyongsong Pilkada," katanya.

Baca juga: https://cimahikota.bawaslu.go.id/berita/pendaftaran-pengawas-tps-untuk-pilkada-2024-kota-cimahi-resmi-dibuka-cek-jadwal-dan

Lebih lanjut, anggota Bawaslu Kota Cimahi ini juga menekankan pentingnya kolaborasi antar stakeholder baik KPU Kota Cimahi, Pemerintah Kota Cimahi, Polres Cimahi maupun Kodim 06/09 Cimahi dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kota Cimahi.

"Tujuan kegiatan ini juga ingin membangun koordinasi dan sinergi antar lembaga agar masing-masing pihak punya tanggung jawab yang sama dalam menyukseskan Pemilihan di Kota Cimahi termasuk menjaga semangat masing-masing lembaga untuk taat pada regulasi dan ikut aktif terlibat dalam menyukseskan Pemilihan di Kota Cimahi," terangnya.

Menurut Ahmad Hidayat, kegiatan Rakor ini diikuti oleh stakeholder utama mulai dari asisten, dinas, badan, lembaga, kecamatan, kelurahan, Polres Cimahi, dan Kodim 06/09 Cimahi.

Kegiatan juga menghadirkan narasumber ahli yakni Prof. Dr. H. Fauzan Ali Rasyid, M.Si. (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.***

Penulis: Gunawan Kusmantoro

Foto: Nurul Mas Ullah

Editor: Ahmad Hidayat

Tag
Bawaslu Kota Cimahi, ASN, netralitas, Pilkada 2024, kerawanan, kolaborasi, stakeholder