Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Cimahi Ikuti Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Pilkada 2024, Ahmad Hidayat Tekankan Pentingnya Mitigasi Kerawanan untuk Pencegahan Pelanggaran

Rakor Lintas Sektoral Polres Cimahi

Kordiv SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Kota Cimahi ikuti kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 di wilayah Kota Cimahi yang diadakan Polres Cimahi di Cimahi Convention Hall (CCH), Jumat (9/8/2024).

Cimahi, Jawa Barat - Koordinator Divisi (Kordiv) SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Kota Cimahi Ahmad Hidayat hadir dan sekaligus menjadi narasumber dalam rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Kota Cimahi yang dihelat Polres Cimahi di Cimahi Convention Hall (CCH), Jumat (9/8/2024).

Kegiatan rakor lintas sektoral dihadiri perwakilan sejumlah lembaga diantaranya Kodim 06/09, Kejaksaan Negeri Cimahi, DPRD Cimahi, Danyon Armed 4/105 GS, Danramil, Pengadilan Negeri Bale Bandung, Satpol PP Kota Cimahi, MUI Kota Cimahi, FKUB Kota Cimahi, Desk Pilkada Kota Cimahi, Camat dan Lurah, Panwascam dan PKD, PPK dan PPS, dan perwakilan 18 Parpol di kota Cimahi.

Dalam paparannya, Ahmad Hidayat menyatakan untuk mewujudkan Pilkada 2024 yang berintegritas di Kota Cimahi, Bawaslu Kota Cimahi akan melibatkan berbagai elemen masyarakat secara luas dalam melakukan pengawasan penyelenggaraan Pilkada.

"Bawaslu Kota Cimahi juga akan melakukan pengawasan secara ketat terhadap setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada,  memperkuat koordinasi dan sinergitas dengan seluruh stakeolder untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilihan walikota dan wakil walikota Cimahi tahun 2024," katanya.

Selain itu, Ahmad Hidayat menekankan pentingnya melakukan pemetaan kerawanan untuk pencegahan pelanggaran dalam kontestasi Pilkada 2024 di Kota Cimahi.

"Bawaslu Kota Cimahi konsen dengan isu-isu strategis yang perlu mendapatkan perhatian serius diantaranya polarisasi masyarakat yang terjadi akibat terpecahnya dukungan terhadap paslon, netralitas ASN, politik uang, dan ujaran kebencian," terangnya.

Polres Cimahi Jamin Keamanan Pilkada

Kapolres Cimahi AKBP Tri Suhartanto mengatakan Polres Cimahi akan menggelar Operasi Mantap Praja Lodaya untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat dalam setiap tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kota Cimahi.

"Mari kita jaga toleransi dan menghargai satu sama lain, mari kita tolak radikalisme dan mari sama-sama mensukseskan Pilkada 2024 di Kota Cimahi yang aman dan sejuk," katanya.

Untuk menjamin keamanan, Polres Cimahi juga telah melakukan mitigasi kerawanan dalam setiap tahapan. Pada tahapan pendaftaran pasangan calon tanggal 27-29 Agustus 2024, Polres Cimahi mengantisipasi gangguan keamanan yang berasal dari pengerahan masa pendukung paslon, dualisme dukungan dan manipulasi syarat dukungan.

Pada tahapan penetapan paslon, Polres Cimahi juga akan mengantisipasi gangguan keamanan berupa pengerahan massa pendukung, aksi anarkis dari pendukung calon yang tidak lolos, gugatan hukum calon yang tidak lolos, dan intimidasi terhadap penyelenggara Pilkada.

Sementara Dandim 06/09 Cimahi Letkol Arm Bobby mengajak semua pihak untuk mengantisipasi kerawanan dalam Pilkada seperti adanya unjuk rasa dan konflik antarpendukung pasangan calon (paslon) dan berita bohong.

"Pilkada ini menjadi momen bagi Kota Cimahi, marilah kita saling bersinergi dalam proses pelaksanaan pilkada. Dengan adanya sinergi yang kuat maka Pilkada dapat berjalan dengan lancar," katanya.***

Penulis: Gunawan Kusmantoro

Foto: El Zaelani

Editor: Akhmad Yasin Nugraha

Tag
Bawaslu Kota Cimahi, Polres Cimahi, AKBP Tri Suhartanto, lintas sektoral, keamanan, kerawanan, Pilkada 2024, Kota Cimahi