Lompat ke isi utama

Berita

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty Minta Bawaslu Kabupaten/Kota Potret Kerawanan Pilkada 2024 Hingga ke TPS

Lolly Suhenty Bawaslu RI

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat membuka kegiatan rapat koordinasi persiapan pengawasan Pemilihan Serentak tahun 2024 di Pendopo Bupati Cianjur, Jawa Barat, Jumat (28/6/2024).

Cianjur, Jawa Barat - Anggota Bawaslu Lolly Suhenty minta kepada seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota untuk membuat pemetaan kerawanan Pilkada 2024 hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Permintaan tersebut disampaikan saat membuka kegiatan rapat koordinasi persiapan pengawasan Pemilihan Serentak tahun 2024 di Pendopo Bupati Cianjur, Jawa Barat, Jumat (28/6/2024).

Menurut Lolly, penyusunan peta kerawanan hingga ke TPS-TPS sangat penting agar Bawaslu Kabupaten/Kota mempunyai data peta kerawanan dan juga dapat membuat langkah pencegahannya.

"Seluruh (Bawaslu) provinsi dan kabupaten/kota memiliki kewajiban membuat pemetaan kerawanan. Jadi, kalau ada media yang tanya atau parpol peserta pemilu yang bertanya di mana TPS yang paling rawan di Cianjur, ada datanya," kata Lolly.

Lolly juga menekankan agar data peta kerawanan Pilkada 2024 di Jawa Barat harus tepat dan dibuat sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing.

Ia yang juga menjabat sebagai Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu menilai peta kerawanan setiap daerah pasti akan berbeda. Peta kerawanan di Bekasi pasti berbeda dengan peta kerawanan yang ada di Cirebon.

Lolly juga mengajak kepada seluruh jajaran pengawas untuk bekerja lebih giat dan gesit dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada 2024.

"Mari kencangkan ikat pinggang untuk bisa gesit bekerja dalam pengawasan Pemilihan 2024," kata Lolly.

Selain itu, dia juga meminta para koordinator divisi pencegahan harus berpikir secara lateral dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Lolly menjelaskan cara berpikir ini adalah cara berpikir menyelesaikan masalah dengan cara-cara luar biasa, cara-cara kreatif, serta dengan cara-cara di luar kebiasaan. 

"Di dalam kontestasi pemilihan ini berpikir out of the box itu penting. Cara berpikir lateral itu ada batasan, maka kita bisa melampaui batasan tanpa melampaui kewenangan," terangnya.

"Jadi tugas divisi pencegahan kreatiflah. Ini divisi yang membuka ruang kreativitas sekuat-kuatnya," lanjutnya.

Kegiatan rapat koordinasi persiapan pengawasan Pemilihan 2024 di Jawa Barat yang diselenggarakan di Cianjur diadakan oleh Bawaslu Jabar. Kegiatan dihadiri Kordiv Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Jabar Nuryamah dan Kordiv Hukum dan Diklat Bawaslu Jabar Usep Agus Zawari.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.***

Penulis: Gunawan Kusmantoro

Foto: El Zaelani

Tag
Bawaslu, Lolly Suhenty, peta kerawanan, Pilkada 2024, TPS, kreatif, out of the box